5 Aktivitas Seru Saat Mengunjungi Bromo

Gunung Bromo yang punya sebutan lain Kaldera Tengger, adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur. Gunung ini berada di ketinggian 2.614 meter di atas permukaan laut. Lalu apa saja sih kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan Bromo Tengger Semeru?

1. Merasakan Sensasi Berpetualang Dengan Jip

Bukit Cinta, Widodaren, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Sabana merupakan Kawasan yang bisa diexplore menhggunakan Jip. Tak perlu khawatir jika tidak bisa mengendarai jip, karena akan ada operator yang siap menjadi driver sekaligus memandu.

2. Menyusuri Eksotisme Pasir Berbisik

Hamparan pasir hitam luas yang membentang mengelilingi pegunungan dengan ditingkahi deburan pasir yang tertiup angin seolah membisikkan sesuatu ke telinga kita. Tempat ini kerap jadi langganan untuk foto pre-wedding atau sekedar swafoto untuk diupload di medsos.  Tak hanya itu, jika kamu datang ke lokasi ini di atas pukul 9 pagi, maka bisa merasakan sensasi awan yang bergerak dari tebing Kaldera Bromo turun menyentuh hamparan pasir, lalu menuju gunung Bromo. Rasanya eperti bermain di atas awan.

3. Berburu Panorama Sunrise di Bukit Cinta, Bukit Mentigen, Penanjakan

Salah satu spot yang paling diburu saat ke Bromo Tengger Semeru adalah sunrise atau saat-saat matahari terbit pada pukul 05.30 WIB. Menyaksikan terbitnya matahari di antara perbukitan, gunung, lembah, kawah, dan padang pasir dengan suhu dingin dan sejuk memang bikin segar badan dan pikiran. Untuk rutenya bisa melewati jalur pendakian Bukit Cinta, Bukit Mentigen, dan Penanjakan. Masing-masing jalur memiliki rute yang berbeda, jadi pastikan sudah bertanya dulu ke pemandu wisata setempat agar tidak tersesat.

***** Rekomendasi bis wisata yang cocok untuk dipakai mengunjungi Bromo*****

4. Kamping di Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo yang disebut “Surganya Gunung Semeru” oleh para pendaki ini merupakan tempat favorit untuk bermalam dan juga menikmati matahari terbit. Air danau yang terletak di tengah-tengah lembah ini akan merefleksikan taburan bintang di langit malam yang keren banget.

5. Menyaksikan Upacara Adat Suku Tengger

Pura Luhur Poten adalah tempat pelaksanaan upacara adat Suku Tengger, Yadnya Kasada. Upacara tahunan yang dilaksanakan pada hari keempat belas bulan Kasada ini, sudah berlangsung sejak abad ke-14 bertepatan dengan bulan purnama. Upacara ini berlangsung dua hari dan disiapkan langsung oleh masyarakat Suku Tengger, pemeluk agama Hindu kuno yang cara dan tempat ibadahnya berbeda dari agama Hindu di daerah lainnya

Nah itu tadi daftar aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.(dbs)

Categories:

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *